Skip to main content

Cara Bermain Multiplayer di Apk ePSXe Terbaru

Bermain game multi pemain memang mengasyikan, baik itu bersama teman, pacar ataupun keluarga. Contohnya pada aplikasi ePSXe ini, sebenarnya fitur MultiPemain (MultiPlayer) tersebut sudah ada sejak lama pada aplikasi ePSXe, mungkin karena kurangnya penjelasan pada aplikasi tersebut sehingga membuat penggunanya jarang menggunakan fitur MultiPemain (MultiPlayer)nya. Nah pada artikel ini admin akan membahas bagaimana cara menggunakan fitur tersebut pada aplikasi ePSXe. Sebelum itu bagi yang belum tau, aplikasi ePSXe adalah sebuah emulator yang dapat memainkan game-game konsol lawas playstation atau lebih dikenal dengan PSOne / PSX yang dapat dijalankan di berbagai platform termasuk OS Android.

Cara bermain multi pemain pada aplikasi ePSXe sendiri ada 2 cara yaitu:

1. MultiPemain (Multiplayer)
Fitur tersebut dapat ditemukan pada menu utama ketika membuka aplikasi ePSXe. Untuk cara pertama ini admin tidak menyarankan untuk menggunakannya. Selain karena statusnya masih beta, pada saat admin coba menggunakan fitur tersebut untuk bermain beberapa game playstation terjadi delay antara Player ke-1 dengan Player ke-2 dan delaynya semakin parah/jauh ketika durasi permainannya semakin lama, oleh karena itu admin tidak akan menjelaskannya pada artikel ini, kecuali kalau fitur tersebut sudah di fix oleh developernya mungkin nanti admin akan coba membahasnya lagi secara terperinci.

2. Remote Gamepad
Fitur ini sebenarnya bisa dikatakan sedikit tersembunyi, kenapa tersembunyi? Karena fitur Remote Gamepad ini tidak akan ditemukan pada menu utama ePSXe dan akan terlihat ketika penggunanya menekan tombol back (kembali) 1 kali, maka pada saat itu akan muncul deretan menu

  • Jalankan sebagai pendukung dari remote gamepad
  • Jalankan sebagai remote gamepad
  • Laporkan Gamepad
  • Laporkan Pengaturan
  • Keluar

Untuk penampakannya bisa dilihat pada gambar berikut

Sesuai namanya, cara kerja dari remote gamepad yaitu mengubah layar ponsel sebagai gamepad. Adapun hal-hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan fitur ini yaitu:

Agar lebih mudah dipahami, admin akan menyebut ponsel yang akan menjadi player ke-1 sebagai ponsel pertama dan ponsel yang akan menjadi player ke-2 sebagai ponsel kedua

  • Ponsel pertama dan Ponsel kedua berada pada jaringan Wi-Fi yang sama.
  • Mengetahui alamat IP Wi-Fi ponsel yang akan dijalankan sebagai pendukung remote gamepad.
  • Ponsel pertama adalah satu-satunya layar yang menampilkan visual gamenya sedangkan layar ponsel kedua hanya menampilkan tombol (gamepad). Oleh karena itu, untuk ponsel pertama disarankan untuk memakai perangkat yang memiliki layar lebar contohnya seperti tablet atau bisa juga memakai alat tambahan seperti gamepad bluetooth, tujuannya agar player ke-2 dapat leluasa melihat pergerakan karakter yang dimainkannya pada layar ponsel pertama.

Setelah memahami hal-hal diatas, sekarang lanjut ke tutorialnya:

1. Aktifkan Hotspot pada ponsel kedua, setelah itu hubungkan Wi-Fi pada ponsel pertama ke hotspot ponsel kedua lalu lihat IP Wi-Finya pada pengaturan. Adapun caranya yaitu: Buka Pengaturan > Tentang Ponsel > Status lalu lihat pada bagian Alamat IPnya, pada contoh berikut ini dapat dilihat bahwa IPnya yaitu 192.168.43.55.

Geser untuk melihat gambar lainnya.

Atau bisa juga dengan membuka Pengaturan > Wi-Fi > Setelah tambahan lalu perhatikan pada bagian Alamat IP.

Geser untuk melihat gambar lainnya.

2. Sekarang buka aplikasi ePSXe pada ponsel pertama lalu tekan tombol back (kembali) 1 kali agar menu Remote Gamepadnya muncul terus pilih Jalankan sebagai pendukung dari remote gamepad, setelah itu pergi lokasi gamenya berada lalu buka.

Geser untuk melihat gambar lainnya.

3. Tunggu hingga gamenya masuk ke menu utama.
4. Sekarang jalankan aplikasi ePSXe pada ponsel kedua lalu tekan tombol back (kembali) 1 kali hingga muncul menu remote gamepad. Setelah itu pilih Jalankan sebagai remote gamepad lalu masukan IP Wi-Fi yang tadi. Maka akan muncul layar baru pada ponsel kedua yang menampilkan tombol-tombol (gamepad), agar player ke-2 muncul silakan tekan tombol start dan selamat bermain.

Geser untuk melihat gambar lainnya.

Untuk contoh tampilan tombol (Gamepad) pada ponsel kedua dan tampilan permainannya pada ponsel pertama bisa dilihat pada gambar berikut

Geser untuk melihat gambar lainnya.

Perlu diketahui bahwa cara tersebut tidak terbatas pada 2 pemain saja namun bisa lebih sampai 4 pemain, tentunya selama game yang dimainkan tersebut support (mendukung) pemainnya lebih dari 2.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar