Skip to main content

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus pada Komputer Windows

Bagi pengguna sistem operasi Windows pasti pernah mengalami hal tersebut, kalau biasanya dengan memencet tombol delete suatu file atau folder akan terhapus namun adakalanya ketika ingin menghapus suatu file atau folder tersebut malah muncul notifikasi error "The action can't be completed because the file is open" atau "The action can't be completed because the folder is open in another program". Faktornya bisa beragam, mulai dari file atau folder tersebut masih di akses/buka oleh suatu program, masih di buka oleh suatu program yang belum teruninstal sepenuhnya atau bisa juga masih di akses oleh program yang tidak diketahui. Adapun cara untuk menghapus file atau folder yang sulit dihapus tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Langkah pertama yang bisa kalian coba yaitu dengan merestart ulang komputernya, setelah direstart coba hapus kembali file atau folder tersebut apabila masih muncul notifikasi error yang sama maka perlu memakai software tambahan yaitu Unlocker.

2. Download software Unlocker 1.9.2 terlebih dahulu lalu instal

3. Sekarang pergi ke lokasi file atau folder yang tidak bisa dihapus tersebut lalu klik kanan, setelah itu pilih software Unlocker maka nanti akan muncul popup baru


4. Pilih Delete, setelah melakukan hal tersebut file atau folder yang tidak bisa dihapus tadi sekarang berhasil dihapus.


Terkadang file atau folder yang diakses oleh system atau beberapa program perlu tindakan tambahan, tinggal pilih antara kill Process, Unlock, atau Unlock All lalu pilih action Delete


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar