Skip to main content

5 Aplikasi Alternatif Pengganti Putty di Android

Sebuah smartphone android pada saat ini tidak hanya alat untuk berkomunikasi saja namun bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih luas lagi, contohnya pada artikel yang sedang admin bahas kali ini. Seperti yang kita tau, Putty adalah sebuah program Komputer yang berfungsi untuk terhubung ke sebuah server / jaringan. Dengan aplikasi tersebut, si pemilik server / jaringan dapat dengan mudah mengatur, menambah, memasang atau menghapus sebuah pengaturan / program yang ada di dalam server / jaringan tersebut.

Tentunya sangat tidak efisien bukan kalau harus selalu membawa komputer / notebook hanya untuk mengakses server / jaringan semata. Nah pada kesempatan kali ini, admin akan coba membahas 5 Aplikasi Android yang bisa dijadikan alternatif pengganti Putty yang ada pada Komputer.

1. Mobile SSH (Secure Sell)
Aplikasi pertama yang admin rekomendasikan yaitu Mobile SSH. Aplikasinya sangat ringan sehingga bisa dijalankan di hp android jadul sekalipun. Dengan antarmuka sederhana membuat aplikasi ini sangat mudah untuk di operasikan namun ketidaktersediaan shorcut beberapa tombol keyboard seperti ctrl, alt, dan arah menjadi kesulitan tersendiri ketika menggunakan aplikasi Mobile SSH ini. Oleh karena itu, aplikasi Mobile SSH lebih cocok digunakan untuk memasang - menghapus program atau menjalankan baris perintah yang tidak memerlukan tombol khusus yang ada pada keyboard komputer.

Google Play atau Mobile SSH (Secure Sell) 2.31

Tangkapan Layar

2. ConnectBot
ConnectBot adalah aplikasi pengganti Putty lainnya, dengan ukuran 1.4MB saja kalian sudah bisa terhubung ke server / jaringan yang dimiliki. Meskipun ukurannya lebih kecil dari Mobile SSH tapi aplikasi Connectbot ini memiliki kemampuan lebih dari aplikasi sebelumnya, contohnya seperti tersedianya shorcut tombol keyboard yang berguna seperti yang ada pada keyboard komputer yaitu ctrl, esc, tab, arah, F1-F12 dan tombol lainnya sehingga dengan menggunakan aplikasi ini memasang, menghapus, membuat atau mengedit file konfigurasi bisa dengan mudah dilakukan.

Google Play atau ConnectBot 1.9.6

Tangkapan Layar

3. Admin Hands: SSH/FTP/SFTP/TELNET
Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini bisa digunakan untuk terhubung ke server / jaringan namun dengan opsi yang lebih lengkap. Tidak hanya melalui SSH saja tapi bisa juga menggunakan jalur FTP, SFTP dan TELNET. Untuk opsi tombol keyboard tertentu juga tersedia pada aplikasi ini, jadi kalian tidak perlu khawatir apabila tidak ada tombol ctrl, tab, esc, atau fn pada keyboard ponsel androidnya.

Google Play atau Admin Hands 3.1.6

Tangkapan Layar

4. JuiceSSH - SSH Client
Aplikasi ini memiliki kemampuan yang sama dengan ke-3 aplikasi di atas namun dengan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi sebelumnya seperti performance monitor, OpenSSH Importer, Cluster Snippet Plugin, Tasker Plugin, Port Knocker dan Plugin Audit Log. Untuk keperluan mengatur, memasang - menghapus program, membuat - mengedit teks / file konfigurasi juga bisa dilakukan namun salah satu kekurangan yang admin temui pada aplikasi JuiceSSH dan ke-3 aplikasi sebelumnya yaitu tidak bisa membuat - mengedit teks / file konfigurasi hasil copy paste dari internet karena teks salinan yang dihasilkan tidak beraturan / tidak sesuai dengan aslinya. Oleh karena itu untuk membuat atau mengedit teks / file konfigurasi dengan aplikasi ini perlu kerja ekstra.

Google Play atau JuiceSSH - SSH Client 2.1.4

Tangkapan Layar

5. Termux
Termux adalah sebuah emulator terminal multiguna yang bisa digunakan untuk berbagai hal tergantung si penggunanya itu sendiri, contohnya seperti memasang os linux, sebagai downloader, mengakses server, menjalankan python dan lain-lainnya. Namun sebelum terhubung ke server / jaringan kalian perlu memasang paketnya terlebih dahulu yaitu dengan mengetikan perintah pkg install openssh dan pastikan internet kalian dalam keadaan aktif karena proses tersebut membutuhkan koneksi internet. Salah satu kekurangannya yaitu aplikasi Termux hanya menyediakan opsi tombol keyboard yang sedikit seperti esc, tab, ctrl, arah atas dan bawah tanpa menyediakan arah kiri dan kanan yang hal ini tentunya menyulitkan ketika ingin mengedit teks yang berada di tengah namun hal tersebut masih bisa diatasi dengan memasang aplikasi keyboard tambahan seperti Keyboard Hacker atau Smart Keyboard Pro. Untuk orang yang lebih sering membuat atau mengedit teks / file konfigurasi di ponsel android sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi ini, karena ketika admin coba membuat file konfigurasi dengan hasil copy paste dari internet teksnya dapat disalin secara sempurna / tidak berantakan, berbeda halnya dengan ke-4 aplikasi lainnya.

Google Play

Tangkapan Layar

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi serupa yang tersedia di Google Play Store, namun admin belum sempat mencoba semuanya. Apabila kalian menemukan aplikasi yang lebih bagus, silahkan di share di kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar