Skip to main content

Cara Mengakses Router OpenWRT dari Aplikasi Termux Android

Tentunya banyak cara untuk mengakses router OpenWRT yang kamu miliki, salah satunya yaitu dengan menggunakan web browser. Cukup dengan memasukan alamat IP router saja, maka si pemilik dapat dengan mudah memasang dan menghapus paket aplikasi yang ada pada routernya. Namun cara ini pastinya memiliki kekurangan yaitu hanya dapat mengedit konfigurasi paket yang memiliki antarmuka luci saja sedangkan untuk mengatur atau mengedit konfigurasi paket berbasis text seperti ssh atau openvpn sangat disarankan untuk menggunakan terminal.

Pada OS Android sendiri ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan tersebut, namun admin lebih suka menggunakan aplikasi Termux karena disamping aplikasinya yang powerfull selain itu hanya aplikasi tersebut saja (sepengetahuan admin) yang dapat menyalin konfigurasi yang berasal dari sumber lain dengan hasil yang sempurna / tidak berantakan sehingga salinan konfigurasi tadi dapat berjalan dengan baik.

Adapun hal-hal yang harus disiapkan diantaranya:
1. Koneksi Internet
2. Router OpenWRT
3. Smartphone Android
4. Aplikasi Termux
5. Secangkir kopi biar rileks

Pastikan bahwa aplikasi termux sudah terpasang di hp android kamu, kalau belum punya bisa mengunduhnya di Play Store.

Setelah aplikasi termuxnya terunduh, buka aplikasinya lalu masukan perintah berikut


pkg install openssh

Tunggu proses pemasangannya sampai selesai.

Agar terhubung ke routernya, pastikan WiFi ponsel terhubung ke Hotspot Router dan lihat IP/Gateway yang didapat. Adapun caranya yaitu dengan membuka Pengaturan > Wi-Fi > Tanda panah / setelan tambahan lalu lihat pada bagian alamat IP/Gatewaynya.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Setelah itu, ketikan perintah berikut:


ssh root@alamat_ip_router

Karena disini admin dapat alamat 192.168.1.1, maka ketika digabung dengan kode diatas hasilnya menjadi


ssh root@192.168.1.1

Nanti akan muncul popup yang meminta kamu untuk memasukan password, lalu masukan password yang sesuai dengan OpenWRT yang kamu gunakan.

Ketika berhasil masuk, maka tampilannya akan seperti gambar berikut ini

User dan Password OpenWRT?
Kalau kamu menggunakan OpenWRT Official, coba terlebih dulu menggunakan user: root & password: root, karena user & password tersebut adalah yang paling umum digunakan pada firmware openwrt, apabila menggunakan OpenWRT Custom seperti Pulpstone OpenWRT atau dari sumber lain, silakan lihat pada deskripsi firmwarenya, tujuannya untuk mengetahui user & password apa yang digunakan oleh firmware tersebut agar bisa masuk ke tampilan luci atau terminalnya.

Cara mengatasi Host Key (Multilogin Router) pada aplikasi termux
Sebenarnya aplikasi termux dapat melakukan multilogin Router asalkan IP Router yang satu dengan yang lainnya berbeda, berbeda halnya apabila kamu ingin login/terhubung ke Router lain dengan IP yang sama maka kamu akan mendapatkan pesan "REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED!" yang artinya Host key yang tersimpan di aplikasi termux tidak sesuai/cocok dengan Router yang baru.

Apabila kamu mengalami hal tersebut, silakan ikuti tutorial berikut untuk mengatasi masalahnya

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghapus Host Key dari router sebelumnya yaitu dengan cara memasukan kode


rm /data/data/com.termux/files/home/.ssh/known_hosts

atau bisa juga dengan


rm .ssh/known_hosts

2. Setelah melakukan hal diatas, coba login kembali ke Routernya, sekarang masalah tersebut pastinya sudah hilang.

Cara memasang ekstra key pada aplikasi termux
Pada bagian ini, admin akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan ekstra key di aplikasinya termux. Fungsinya sendiri yaitu untuk mempermudah pengeditan teks/konfigurasi, beberapa penambahan seperti Home, End, Arah, Page Down, dan Page Up, dengan ekstra key tersebut kamu dapat dengan leluasa berpindah dari satu teks ke teks lainnya.

A. Manual
Sesuai namanya, dengan menggunakan metode ini kamu harus memasukan baris perintah tertentu agar ekstra keynya muncul di aplikasi termux, namun kelebihannya adalah dalam proses pemasangannya tidak perlu mengeluarkan biaya internet.

Untuk langkah-langkah pemasangannya, silakan ikuti tutorial berikut:
1. Buka aplikasi termux lalu masukan perintah


mkdir .termux

Perintah tersebut berfungsi untuk membuat folder baru bernama .termux yang nantinya folder tersebut berguna untuk menyimpan pengaturan ekstra keysnya.

2. Setelah itu masukan perintah berikut


nano .termux/termux.properties

3. Nanti akan terbuka tampilan baru, sekarang salin dan masukan kode berikut


extra-keys = [['ESC','/','-','HOME','UP','END','PGUP'],['TAB','CTRL','ALT','LEFT','DOWN','RIGHT','PGDN']]

Adapun cara menempel/memasukan kode tersebut di dalam aplikasi termuxnya yaitu dengan cara klik dan tahan lalu pilih menu Paste.

4. Setelah itu, klik CTRL + X ( klik CTRL lalu pencet hurup X pada keyboard ponsel), maka akan muncul "Save modified buffer" ketik Y lalu tekan Enter pada keyboard untuk menyimpan pengaturannya.

5. Langkah terakhir, masukan kode berikut untuk memuat ulang pengaturan yang sudah dibuat.


termux-reload-settings

Apabila posisi extra keynya terlalu menempel pada keyboard, kamu perlu mereload ulang aplikasinya yaitu dengan cara menutup aplikasi termux lalu membukanya kembali.

B. Script
Metode ini sangat cocok bagi kamu yang tidak mau ribet dalam proses pemasangan ekstra keynya. Tapi perlu diketahui bahwa dengan menggunakan metode ini kamu perlu menginstall paket-paket tertentu agar scriptnya dapat berjalan di termux, ukurannya kurang lebih 50MB, oleh karena itu sebelum menggunakan metode ini pastikan kuota internet kamu cukup.

Tangkapan Layar Aplikasi Termux Setelah Pemasangan Extra Keys

Untuk langkah-langkah pemasangannya, silakan simak tutorial berikut:
1. Buka aplikasi termux.
2. Install paket-paket yang dibutuhkan dengan cara memasukan kode berikut


pkg install wget python -y

3. Setelah pemasangan paketnya selesai, sekarang masukan kode berikut untuk mengunduh scriptnya


wget https://rawcdn.githack.com/e2phreaker/termux/188a99b84d8ec1bbc249f883b8e7a3a38014973e/inovasikecilku.py

4. Apabila sudah terunduh, jalankan scriptnya dengan cara


python inovasikecilku.py

Apabila posisi extra keynya terlalu menempel pada keyboard, kamu harus mereload ulang aplikasinya yaitu dengan cara menutup aplikasi termux lalu membukanya kembali.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar