Skip to main content

Cara Mengatasi Modem Huawei E3372H Hilink & Sierra Aircard 320U Tidak Terbaca pada Router GL.iNet MT300N-V2 Mango

GL.iNet MT300N-V2 Mango adalah salah router buatan GL.iNet yang telah lama di rilis ke pasaran pada tahun 2017 lalu. Fiturnya yang komplit disertai desainnya yang mungil membuatnya cocok untuk menemani aktivitas internet disepanjang perjalanan/liburan kamu.

Namun diantara masalah yang sering dialami oleh para penggunanya yaitu modem Huawei E3372H dan Sierra 320U tidak bisa digunakan di router tersebut, padahal bila merujuk ke situs resminya modem tersebut telah didukung.

Setelah searching di internet di berbagai forum luar, dan dari pengalaman admin sendiri selama memakai router ini, ternyata masalahnya hanya timbul ketika memakai Powerbank sebagai sumber dayanya, meskipun sumber daya yang disarankan adalah 1A (Ampere) namun nyatanya hanya dengan sumber daya 1A (Ampere) saja masih belum cukup untuk seukuran Powerbank, solusi satu-satunya yaitu dengan menaikan sumber dayanya menjadi 2A (Ampere), dengan begitu Modem Huawei E3372H dan Sierra Aircard 320U yang bermasalah tadi dapat dengan sempurna dijalankan.

Lain halnya ketika memakai Charger 1A (Ampere) sebagai sumber dayanya, semua Modem 3G maupun 4G yang didukung oleh Router ini dapat berjalan dengan baik, sebagai contoh admin mempunyai 3 buah modem yaitu:
1. Huawei E173 Mobinil,
2. Huawei E3372H, dan
3. Sierra Aircard 320U.

Semuanya dapat berjalan dengan baik dengan parameter berikut ini:

1. Dikenali langsung sebagai 3G/4G Modem
a. Modem Huawei E173 Mobinil (dial up) dikenali sebagai parameter ini dan langsung terhubung ke internet ketika menekan tombol Connect.

b. Modem Sierra 320U dikenali sebagai 3G/4G Modem namun memerlukan settingan/pengaturan lebih lanjut.
Adapun cara mengaturnya yaitu sebagai berikut:
1. Pilih Manual Setup
2. Pada bagian Device pilih /dev/ttyUSB2
3. Pada bagian Service pilih LTE/UMTS/GPRS
4. Pada APN bisa dibiarkan kosong atau disesuaikan dengan operator yang sedang kamu pakai.
5. Pilih Apply

2. Dikenali sebagai Tethering
Modem Huawei E3372H terbaca sebagai parameter Tathering, dan langsung terhubung ke internet ketika menekan tombol Connect.

Agar subnet Web-UI Hilink bawaan Modem E3372H tidak konflik dengan Router GL.iNet MT300N-V2 Mango, kamu wajib mengganti Lan IPnya, contohnya menjadi 192.168.9.1 atau IP lainnya, yang penting berbeda dengan IP bawaan Hilink yaitu 192.168.8.1.

Lalu apa dampak apabila IP Modem E3372H dengan Router GL.iNet MT300N-V2 Mango tidak diganti / masih sama?
Kamu tidak dapat mengakses fitur yang disediakan Web-UI Hilink seperti SMS, mengubah jaringan menjadi 3G/4G, memperbarui firmware modem, dan lain-lain.

Dengan demikian, bagi kamu yang sering berpergian dengan membawa Router GL.iNet MT300N-V2 Mango alangkah baiknya membawa Powerbank yang memiliki pilihan colokan 2A (Ampere) agar aktivitas internet kamu tidak terganggu, atau lebih bagus lagi apabila menggunakan Powerbank yang memiliki colokan arus daya otomatis.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar