Skip to main content

Cara Mengakses Router OpenWRT di Aplikasi JuiceSSH Android

JuiceSSH adalah aplikasi klien terminal yang memungkinkan pengguna android untuk menjalankan SSH, Local Shell, Mosh, dan Telnet di ponsel pintarnya. Fungsinya hampir mirip dengan Putty yang ada pada sistem operasi Windows, dengan aplikasi tersebut kamu dapat mengakses atau mengelola server/router via SSH contohnya seperti VPS, OpenWRT, dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihannya yaitu kamu dapat mengelola berbagai server/router dalam satu aplikasi, berbeda halnya dengan aplikasi Termux yang harus menghapus "host key" terlebih dahulu agar bisa terhubung ke server/router lainnya. Selain itu, JuiceSSH juga mendukung PPK (Private Keys) yang biasa digunakan untuk autentifikasi server pada Putty tapi sebelum itu kamu harus mengubahnya terlebih dahulu ke format yang didukung oleh JuiceSSH yaitu ke OpenSSH PEM serta tambahan Plugin seperti Performance Monitor, OpenSSH Importer, Cluster Snippet Plugin, Tasker Plugin, Port Knocker, dan Plugin Audit Log.

Pada postingan sebelumnya admin telah membahas artikel yang serupa yaitu Cara Mengakses Router OpenWRT dari Aplikasi Termux Android, nah pada kali ini, admin akan membahas aplikasi lainnya yaitu cara mengakses router openwrt di aplikasi JuiceSSH android.

Seperti yang telah disebutkan diatas, aplikasi JuiceSSH dapat mengelola berbagai router dalam satu aplikasi serta berbagai plugin yang siap digunakan. Dengan berbagai kelebihan tersebut bukan berarti tidak memiliki kekurangan, salah satunya yaitu tidak dapat copy paste konfigurasi yang cukup panjang, contohnya seperti config OpenVPN, SSH, dan config lainnya. Kalaupun dipaksakan maka hasilnya akan berantakan dan tentunya config tersebut tidak dapat berjalan. Oleh karena itu, aplikasi JuiceSSH lebih cocok untuk mengelola paket/file yang ada di OpenWRT atau membuat config yang cukup sederhana saja.

Sebelum masuk ke tutorialnya, adapun hal-hal yang harus disiapkan diantaranya:
1. Router OpenWRT
2. Smartphone Android
3. Aplikasi JuiceSSH

Pastikan bahwa aplikasi JuiceSSH sudah terpasang di hp android kamu, kalau belum punya bisa mengunduhnya di Play Store atau di Sfile JuiceSSH 3.2.0.

Agar terhubung ke routernya, pastikan WiFi ponsel terhubung ke Hotspot Router dan lihat IP/Gateway yang didapat. Adapun caranya yaitu dengan membuka Pengaturan > Wi-Fi > Tanda panah / setelan tambahan lalu lihat pada bagian alamat IP/Gatewaynya.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Setelah semuanya bahannya siap, silakan ikuti tutorial berikut:
a. Buka aplikasi JuiceSSH.
b. Klik icon petir yang ada dibagian atas lalu masukan user & IP routernya dengan format


user@ip_router

Karena disini admin mendapatkan IP 192.168.1.1, maka ketika diterapkan hasilnya menjadi


root@192.168.1.1

Setelah itu klik OK, apabila muncul popup "Host Verification" pilih ACCEPT untuk melanjutkan.

c. Nanti akan muncul popup lagi yang meminta kamu untuk memasukan password, maka masukan password yang sesuai dengan OpenWRT kamu.

d. Apabila sudah terhubung, maka tampilannya akan seperti gambar berikut ini

User dan Password OpenWRT?
Kalau kamu menggunakan OpenWRT Official, coba terlebih dulu menggunakan user: root & password: root, karena user & password tersebut adalah yang paling umum digunakan pada firmware openwrt, apabila menggunakan OpenWRT Custom seperti Pulpstone OpenWRT atau dari sumber lain, silakan lihat pada deskripsi firmwarenya, tujuannya untuk mengetahui user & password apa yang digunakan oleh firmware tersebut agar bisa masuk ke tampilan luci atau terminalnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar