Skip to main content

2 Aplikasi Alternatif Pengganti WinSCP Windows di Android

Windows Secure Copy atau lebih dikenal sebagai WinSCP adalah aplikasi gratis dengan sumber terbuka yang dapat menjalankan SFTP, FTP, WebDAV, Amazon S3, dan SCP (SSH Secure Copy Protocol). Fungsi utamanya adalah mentransfer file (berkas) secara aman antara 1 perangkat dengan perangkat lainnya seperti komputer dengan komputer, komputer dengan server, komputer dengan router dan lain sebagainya.

Selain fungsi diatas, WinSCP juga menawarkan fungsi File Manager dan sinkronisasi file secara realtime. Dengan demikian aktivitas mengelola file komputer/server/router dengan aplikasi tersebut dapat dengan mudah dilakukan. Akan tetapi, tentunya tidak praktis bukan apabila untuk mengakses sebuah server/router saja harus menggunakan komputer, oleh karena itu pada artikel ini admin akan membahas 2 aplikasi alternatif/pengganti WinSCP yang dapat dijalankan pada sistem operasi android yaitu AndFTP dan Total Commander.

Berbeda dengan WinSCP yang menyediakan tools yang bisa digunakan untuk mengedit file konfigurasi, pada sistem operasi android fungsinya masih terbatas yaitu hanya berkisar file manager seperti memindahkan, merubah nama, dan menghapus file saja. Apabila ingin mengedit file konfigurasi maka disarankan menggunakan aplikasi teks editor terlebih dahulu setelah itu memindahkan hasilnya menggunakan aplikasi AndFTP/Total Commander.

Dalam membuat tutorial ini, admin hanya mengaplikasikan pada router saja, dikarenakan belum punya server VPS untuk dijadikan bahan uji coba. Adapun router yang digunakan adalah tipe Huawei EchoLife HG553, dengan alasan router tersebut sering menggunakan jalur SCP untuk flash ulang firmwarenya, contohnya seperti Pulpstone Openwrt atau Angelbeats.

Sebelum memakai aplikasi AndFTP dan Total Commander, pastikan kamu mengetahui IP Router yang digunakan, adapun caranya yaitu:

1. Hubungkan WiFi ponsel ke Hotspot Router dan lihat IP/Gateway yang didapat.
2. Buka Pengaturan > Wi-Fi > Tanda panah / setelan tambahan lalu lihat pada bagian alamat IP/Gatewaynya.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

1. AndFTP (your FTP client)
AndFTP Adalah aplikasi klien FTP, FTPS, SCP, dan SFTP yang dapat menjalankan berbagai fungsi FTP seperti download, upload, sinkronisasi, berbagi dengan dukungan resume, mengganti nama, menghapus, merubah perizinan (chmod), dan menjalankan perintah khusus.

Adapun cara menghubungkan AndFTP dengan router openwrtnya yaitu sebagai berikut:
A. Buka aplikasi AndFTP, kalau belum punya silakan unduh aplikasinya di Play Store atau di Sfile AndFTP 5.4.
B. Klik icon tambah lalu masukan isian yang diperlukan seperti:

Hostname:diisi dengan IP Router
Type:pilih SCP (SSH Secure Protocol) atau bisa juga memilih SFTP (SSH File Transfer Protocol) (khusus untuk firmware yang mendukung jalur SFTP contohnya seperti Pulpstone Openwrt)
Port:biarkan dalam keadaan kosong
Username:diisi dengan root
Password:diisi dengan root

Setelah itu klik Save dan masukan nama profile yang diinginkan lalu klik OK.

C. Agar terhubung ke routernya, klik nama profile yang tadi sudah dibuat lalu tunggu hingga terhubung. Untuk melihat directory lainnya, silakan klik icon panah yang ada di sebelah kiri atas.

Catatan: Username dan Password root khusus untuk Firmware Openwrt Official atau Pulpstone Openwrt, selain firmware tersebut silahkan lihat pada deskripsi firmwarenya.

2. Total Commander - File Manager
Total Commander adalah aplikasi pengelola file seperti pada umumnya yang memiliki fitur seperti membuat direktori baru, salin, pindah, hapus, zip & unzip arsip, pencarian, FTP & SFTP (Plugin), WebDAV (Plugin), Penyimpanan Awan (Plugin), dan fitur lainnya, untuk lebih lengkapnya silakan lihat di Play Store.

Seperti yang telah disebutkan diatas, untuk menjalankan SFTP/SCP di aplikasi tersebut diperlukan plugin tambahan, oleh karena itu kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store atau di Sfile SFTPplugin for Total Commander 2.5.

Adapun cara menggunakannya yaitu sebagai berikut:
A. Buka aplikasi Total Commander.
B. Pilih SFTP terus klik New Connection.. lalu Masukan Nama koneksi yang diinginkan.

C. Setelah itu masukan isian yang dibutuhkan seperti:

Server Name:diisi dengan IP Router
Username:diisi dengan root
Password:diisi dengan root

Hilangkan ceklis pada bagian Protect with master pass lalu klik OK.

D. Klik nama koneksi yang tadi sudah buat untuk terhubung ke routernya.

Catatan:
1. Username dan Password root khusus untuk Firmware Openwrt Official atau Pulpstone Openwrt, selain firmware tersebut silahkan lihat pada deskripsi firmwarenya.
2. Protect with master pass ini bersifat opsional, kalau koneksi openwrt yang kamu gunakan merasa perlu diamankan, silakan pilihan tersebut dibiarkan ceklis lalu nanti masukan kata kunci yang dinginkan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar