Skip to main content

5 Aplikasi WireGuard yang Wajib Kamu Coba di Ponsel Android

WireGuard adalah aplikasi gratis multiplatform serta open source yang mengimplementasikan VPN (Virtual Private Network), memiliki fungsi yang sama seperti VPN lain yaitu mengamankan jalur internet yang sedang kamu gunakan agar terhindar dari kejahatan Cyber seperti Hacker, Carder, Scammer dan tindak kejahatan lainnya namun WireGuard menawarkan kinerja/security yang lebih baik serta lebih hemat daya daripada VPN pendahulunya seperti PPTP dan OpenVPN.

Karena WireGuard adalah aplikasi multiplatform, itu artinya aplikasi tersebut mendukung berbagai sistem operasi yang ada seperti Windows, Linux, macOS, Android, dan seterusnya, untuk daftar lengkap sistem operasi saja yang di dukung, kamu bisa kunjungi situs resminya WireGuard.

Pada artikel ini admin akan membahas 5 aplikasi WireGuard apa saja yang wajib kamu coba di ponsel android, selain itu perlu di ingat bahwa aplikasi WireGuard ini tidak termasuk akun/confignya jadi ketika aplikasinya berhasil di unduh, kamu perlu membuat akunnya terlebih dahulu agar aplikasi WireGuard tersebut dapat digunakan. Kalau masih bingung dimana tempat membuat akun WireGuardnya, silakan kamu baca artikel 5 Situs Penyedia Akun SSH, OpenVPN, Shadowsocks, WireGuard, dan V2Ray Secara Gratis.

1. WireGuard

WireGuard adalah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh WireGuard Development Team, pertama kali di rilis pada tanggal 13 Oktober 2019 dan hingga saat ini update terakhirnya 7 April 2020 versinya telah mencapai v1.0.20200407.

Aplikasinya telah diunduh lebih dari 100rb kali di Play Store serta mendapat 2rb ulasan positif dengan rating 4,4. Karena ini adalah aplikasi resmi, ketika menggunakan aplikasi ini dipastikan kamu tidak akan ketinggalan update terbarunya, jadi bagi kamu yang haus akan update fitur/security baru, admin rekomendasikan untuk memakai aplikasi ini.

2. TunSafe VPN

TunSafe VPN adalah aplikasi WireGuard yang dikembangkan oleh TunSafe AB yang pertama kali dirilis pada 27 Oktober 2018 dan update terakhirnya pada tanggal 1 Oktober 2018. Aplikasinya telah di unduh lebih dari 100rb kali dan mendapat 1rb ulasan dengan rating 3.2.

Meskipun aplikasinya telah lama tidak di update tapi aplikasinya sangat ringan, cocok untuk ponsel yang memiliki RAM rendah. Oiya, pada saat pertama kali aplikasinya dibuka, kamu akan disuguhkan dengan config bawaan TunSafe VPN namun harus di ingat bahwa config bawaan tersebut tidak dapat dipakai, kamu masih harus membuat akun WireGuardnya.

3. Viscerion

Viscerion adalah aplikasi WireGuard yang dikembangkan oleh Harsh Sandilya yang pertama kali di rilis pada 31 Januari 2019 dan update terakhirnya pada 9 Februari 2020 dengan versi 5.2.11. Aplikasinya telah di unduh lebih dari 10rb kali dan mendapat 189 dengan rating 4,7. Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak adanya log/tanda bahwa akun WireGuard yang dijalankan pada aplikasi ini sudah Connect (Terhubung) atau belum.

4. K-LamarVPN

K-LamarVPN adalah aplikasi WireGuard yang dikembangkan oleh Astian yang pertama kali di rilis pada 7 Maret 2020 sekaligus merupakan update terakhirnya hingga saat ini. Aplikasi ini belum ada informasi jumlah unduhan, ulasan, dan ratingnya, namun pada saat admin coba aplikasinya, K-LamarVPN dapat menjalankan WireGuard dengan baik dan terdapat log/tanda bahwa WireGuardnya telah Connect (Terhubung).

5. VPN Client Pro

VPN Client Pro adalah aplikasi VPN yang dikembangkan oleh colucci-web.it yang pertama kali dirilis pada 7 Mei 2019 dan update terakhir pada 6 Juni 2020 dengan versi 1.00.42. Aplikasinya telah di unduh lebih dari 50rb kali dan mendapat 847 ulasan dengan rating 4,7.

Aplikasi VPN Client Pro adalah aplikasi VPN multifungsi yang dapat menjalankan OpenVPN secara gratis namun untuk fungsi tambahan seperti SSTP, OpenConnect, dan WireGuard kamu harus berlangganan, satuannya sebesar 56rb/tahun atau bisa juga sekaligus untuk menikmati semua fungsi tambahannyanya dengan harga 96rb/tahun. Aplikasinya cukup ringan dan ditujukan bagi kamu yang tidak mau ribet harus gonta-ganti aplikasi VPN, oiya kamu bisa mencoba versi trialnya juga selama 7 hari secara gratis, kalau merasa puas kamu dapat memperpanjangnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Demikianlah artikel tentang 5 Aplikasi WireGuard yang Wajib Kamu Coba di Ponsel Android, bila ada pertanyaan silakan tinggalkan di kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar