Skip to main content

Cara Memasang dan Menggunakan OpenVPN di Pulpstone Openwrt

OpenVPN adalah aplikasi VPN (Virtual Private Network) sumber terbuka yang tersedia di berbagai platform, fungsinya sendiri adalah mengakses internet seakan-akan terhubung langsung ke jaringan pribadi. Dengan demikian, semua traffic internet yang dilakukan akan lebih secure (aman) dan tidak rentan dari kejahatan cyber.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Openvpn telah tersedia di berbagai platform salah satunya di perangkat Router Openwrt, adapun cara memasang Openvpn di Pulpstone Openwrt sangatlah mudah, hal tersebut karena sudah tertanamnya script Gigi di dalamnya. Selain itu diantara kelebihan Openvpn pada Pulpstone Openwrt ialah tersedianya web interface (antarmuka web) yang memudahkan penggunanya untuk memantau atau mengubah konfigurasi Openvpn yang digunakan.

Sebelum masuk ke tutorialnya, perhatikan hal-hal berikut ini
1. Pastikan firmware yang kamu gunakan adalah Pulpstone Openwrt, untuk daftar perangkat yang di dukung bisa dilihat di Pulpstone Firmware.
2. Koneksi internet.
3. Terminal Emulator (JuiceSSH (Android), Termux (Android), Putty (Windows, Linux).
4. Memori Internal yang cukup, kurang lebih 6MB.

Cara Memasang Openvpn di Pulpstone Openwrt

Setelah semuanya siap, silakan ikuti langkah-langkah berikut
1. Buka Terminal, bagi yang belum paham bagaimana cara mengakses Router Openwrt melalui Terminal silakan baca artikel Cara Mengakses Router OpenWRT dari Aplikasi Termux Android terlebih dahulu.
2. Masukan perintah berikut untuk memulai proses pemasangan Openvpnya


gigi pulpstone-mikodemos

Tunggu proses pemasangannya sampai selesai, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 5 menit jadi harap bersabar, selain itu proses pemasangannya dipengaruhi juga oleh koneksi yang kamu miliki, semakin lambat koneksi yang kamu gunakan maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan.

Cara Menggunakan Openvpn di Pulpstone Openwrt

Setelah memahami bagaimana cara memasang Openvpn di Pulpstone Openwrt, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Adapun cara menggunakannya sangatlah mudah setelah kamu memahami dasar-dasarnya, oleh karena itu pahami baik-baik panduan berikut

A. Cara Setting Profile Openvpn di Pulpstone Openwrt

Hal pertama yang harus di set (atur) ialah profile. Pengaturan Profile ini merujuk pada Interfaces Modem yang terbaca pada Luci, oleh karena itu kamu harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara mengatur modem di Openwrt, untuk sedikit gambaran silakan baca artikel Tutorial Lengkap Cara Setting / Mengatur Modem di Pulpstone Openwrt.

Setelah memahami hal diatas, buka web browser lalu masukan alamat http://192.168.1.1/pulpstone, pada bagian username dan password masukan admin, setelah itu tinggal mengatur Profile sesuai modem yang digunakan.

Sebagai contoh disini admin akan menggunakan Modem Huawei E3772 Hilink dan Modem Sierra Wireless AirCard 320U pada Router HG553, TP-LINK MR3220 dan STB B860H/HG680P.

Cara Setting Modem Huawei E3372 Hilink

1. Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengecek Interface Modem Huawei E3372 Hilink yang terbaca di Luci, oleh karena itu buka web browser lalu masukan alamat http://192.168.1.1, pada bagian username dan password masukan root.
2. Pilih menu Network -> Interfaces lalu perhatikan Interfaces modemnya.

Catatan: Modem Hilink ini, Interface-nya terkadang berbeda di Router Openwrt lain, contohnya seperti Interface Modem Huawei E3372 Hilink terbaca sebagai HILINK -> eth1 di Router Vodafone HG553, dan terbaca sebagai HILINK -> eth2 di Router TP-LINK MR3220.

3. Setelah mengetahui interface-nya, buka kembali halaman web http://192.168.1.1/pulpstone, pada bagian username dan password masukan admin, setelah itu sesuaikan interface-nya di menu Modem -> Profile dengan interface yang terbaca di Luci, sehingga pengaturannya nanti akan seperti gambar berikut

Catatan:
1. Port Modem tidak di set (default).
2. Interface = Hilink (disesuaikan dengan interface yang terbaca di Luci).
3. IP Source = usbnet0 (disesuaikan dengan interface yang terbaca di Luci).
4. Jangan lupa untuk menekan Set Interface, dan Set IP Source untuk menyimpan setiap perubahannya.

Karena secara default IP Source usbnet0 tidak ada, maka kamu harus membuatnya terlebih dahulu dengan cara berikut ini

a. Buka terminal, apabila belum paham cara menggunakan Terminal di Openwrt silakan baca artikel Cara Mengakses Router OpenWRT dari Aplikasi Termux Android terlebih dahulu.
b. Ketik perintah berikut untuk membuat konfigurasi baru usbnet0


nano ipsource/usbnet0

c. Karena modem yang digunakan terbaca sebagai interface HILINK maka yang dimasukan ialah


hilink

d. Setelah itu, simpan konfigurasinya dengan cara tekan tombol CTRL lalu ketik X, nanti akan muncul konfirmasi Save modified buffer ketik Y, setelah itu akan muncul konfirmasi lagi File Name to Write tekan Enter untuk menyimpannya.

atau apabila ingin usbnet0 yang sudah jadi, silakan Paste (Tempel) perintah berikut di Terminal


wget --no-check-certificate https://rawcdn.githack.com/e2phreaker/termux/ed73fff5611fc0d3ef0e32913b85aa3d50c3068d/usbnet0 -O /root/ipsource/usbnet0

Hal tersebut juga berlaku pada router lain, apabila Interface Modem yang harus di pilih pada IP Source tidak ada, maka tinggal buat konfigurasi baru sesuai dengan interface yang terbaca di Luci.

Apabila pengaturannya sudah benar maka tampilan Status Modem akan seperti gambar berikut ini

Cara Setting Modem Sierra Wireless AirCard 320U

1. Sama seperti Modem Huawei E3372 Hilink, yang pertama kali harus di cek ialah Interface Modem Sierra Wireless AirCard 320U yang terbaca di Luci, oleh karena itu buka web browser lalu masukan alamat http://192.168.1.1 pada bagian username dan password masukan root.
2. Pilih menu Network -> Interfaces lalu perhatikan Interfaces modemnya

3. Setelah mengetahui interface-nya, buka web browser lalu masukan alamat http://192.168.1.1/pulpstone pada bagian username dan password masukan admin, setelah itu sesuaikan interface-nya di menu Modem -> Profile dengan interface yang terbaca di luci, sehingga pengaturannya nanti akan seperti gambar berikut

Catatan:
1. Port Modem = ttyUSB2 (disesuaikan dengan Port Modem yang diatur pada Interface di Luci).
2. Interface = 3g (disesuaikan dengan interface yang ada di Luci).
3. IP Source = 3g-3g (disesuaikan dengan interface yang ada di Luci).
4. Jangan lupa untuk menekan Set Port Modem, Set Interface, dan Set IP Source untuk menyimpan setiap perubahannya.

Apabila pengaturannya sudah benar maka tampilan Status Modem akan seperti gambar berikut ini

B. Cara Membuat Konfigurasi Openvpn di Pulpstone Openwrt

Setelah sebelumnya mempelajari bagaimana cara mengatur Profile-nya, sekarang saatnya memahami bagaimana Cara Membuat Konfigurasi Openvpn di Pulpstone Openwrt.

Contoh Akun OpenVPN dari GlobalSSH

1. Hal pertama yang harus perhatikan yaitu kamu sudah mempunyai akun Openvpn berserta file konfigurasinya yang berekstensi .ovpn. Untuk referensi daftar website yang menyediakan akun VPN secara gratis bisa baca artikel 5 Situs Penyedia Akun SSH, OpenVPN, Shadowsocks, WireGuard, dan V2Ray Secara Gratis.
2. Untuk pengeditan konfigurasi OpenVPNnya sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara diantaranya:
a. Yang pertama memanfaatkan menu VPN Accounts yang tersedia pada Web interface Pulpstone Openwrt.
b. Yang kedua menggunakan aplikasi Termux (Android).

Adapun langkah-langkahnya silakan ikuti tutorial berikut

Menggunakan menu VPN Accounts.

a. Buka web browser lalu masukan alamat http://192.168.1.1/pulpstone pada bagian username dan password masukan admin.
b. Pilih menu Miscellaneous -> VPN Accounts.

c. Pilih Telusuri... untuk mengunggah konfigurasi Openvpnnya, setelah itu klik Upload.

Catatan: Apabila nama konfigurasinya cukup panjang, disarankan untuk mengubah namanya contohnya seperti global.ovpn yang nama awalnya yaitu tcp1194-103.227.255.43.ovpn, tujuannya untuk memudahkan nanti ketika melakukan pengeditan di Terminal.

d. Buka Terminal, lalu masukan perintah berikut, apabila belum paham cara menggunakan Terminal di Openwrt silakan baca artikel Cara Mengakses Router OpenWRT dari Aplikasi Termux Android terlebih dahulu.


nano config

Maka akan terbuka tampilan baru, untuk pengaturan defaultnya kira-kira seperti berikut


profile 'kuota'
file_config 'sgdo.ovpn'
use_config 'yes'

Setelah itu, ubah pengaturan default "kuota" ke "vpnkuota" dan ubah "sgdo.ovpn" ke konfigurasi openvpn yang baru saja di unggah. Ketika diterapkan maka hasilnya akan seperti berikut


profile 'vpnkuota'
file_config 'global.ovpn'
use_config 'yes'

Simpan konfigurasinya dengan cara tekan tombol CTRL lalu ketik X, nanti akan muncul konfirmasi Save modified buffer ketik Y, setelah itu akan muncul konfirmasi lagi File Name to Write tekan Enter untuk menyimpannya.

e. Buat berkas baru password.txt, berkas tersebut berfungsi untuk menyimpan username dan password akun Openvpn, yang berkas tersebut nantinya akan ditambahkan ke konfigurasi Openvpn yang kamu gunakan. Adapun cara pembuatannya yaitu dengan memasukan perintah berikut


nano crt/password.txt

Catatan: Nama berkas password.txt dapat diganti dengan nama lain contohnya seperti akun.txt atau sesuai dengan nama konfigurasi Openvpnnya global.txt.

Maka akan terbuka tampilan baru, setelah itu masukan username dan password akun Openvpn yang telah kamu buat sebelumnya. Ketika diterapkan maka isi berkasnya akan terlihat seperti


openvpnku-globalssh
openvpnku

Catatan:
openvpnku-globalssh = Username (Nama pengguna) akun Openvpn.
openvpnku = password (kata sandi) akun Openvpn.

Simpan konfigurasi tersebut dengan cara tekan tombol CTRL lalu ketik X, nanti akan muncul konfirmasi Save modified buffer ketik Y, setelah itu akan muncul konfirmasi lagi File Name to Write tekan Enter untuk menyimpannya.

f. Sekarang buka kembali halaman web http://192.168.1.1/pulpstone, buka menu Miscellaneous -> VPN Accounts lalu pilih Edit pada konfigurasi Openvpn yang kamu gunakan, setelah itu masukan teks berikut di bawah auth-user-pass


route 0.0.0.0 0.0.0.0 vpn_gateway

Dan jangan lupa juga tambahkan berkas password.txt yang tadi sudah dibuat ke auth-user-pass. Ketika semuanya diterapkan maka hasilnya akan seperti berikut


##### WELCOME TO GLOBALSSH #####
##### WWW.GLOBALSSH.NET #####
##### DONT FORGET TO SUPPORT US #####
client
proto tcp
remote 103.227.255.43 1194
dev tun
resolv-retry infinite
nobind
persist-key
persist-tun
remote-cert-tls server
verify-x509-name server_GLOBALSSH name
auth SHA256
auth-user-pass password.txt
route 0.0.0.0 0.0.0.0 vpn_gateway
auth-nocache
cipher AES-128-GCM
tls-client
tls-version-min 1.2
tls-cipher TLS-ECDHE-ECDSA-WITH-AES-128-GCM-SHA256
ignore-unknown-option block-outside-dns
setenv opt block-outside-dns # Prevent Windows 10 DNS leak
reneg-sec 0
verb 3

Agar perubahannya tersimpan, silakan klik Update File.

g. Langkah terakhir, pergi ke menu Modem -> Status, ubah profilenya ke vpnkuota lalu klik Start Profile.

Dan ini adalah tangkapan layar ketika Openvpnnya berhasil dijalankan.

2. Menggunakan Aplikasi Termux Android

a. Buka aplikasi Termux, apabila belum paham bagaimana cara mengakses Openwrt dari aplikasi Termux silakan baca artikel Cara Mengakses Router OpenWRT dari Aplikasi Termux Android terlebih dahulu.
b. Berkas pertama yang akan dibuat adalah password.txt, berkas tersebut berfungsi untuk menyimpan username dan password akun Openvpn yang kamu gunakan, sedangkan berkas konfigurasi Openvpn nanti akan dibuat setelahnya. Adapun cara pembuatannya yaitu dengan memasukan perintah berikut


nano crt/password.txt

Catatan: Nama berkas password.txt dapat diganti dengan nama lain contohnya seperti akun.txt atau sesuai dengan nama konfigurasi Openvpnnya global.txt.

Maka akan terbuka tampilan baru, setelah itu masukan username dan password akun Openvpn yang telah kamu buat sebelumnya. Ketika diterapkan maka isi berkasnya akan terlihat seperti


openvpnku-globalssh
openvpnku

Catatan:
- openvpnku-globalssh = Username (Nama pengguna) akun Openvpn.
- openvpnku = password (kata sandi) akun Openvpn.

Simpan konfigurasi tersebut dengan cara tekan tombol CTRL lalu ketik X, nanti akan muncul konfirmasi Save modified buffer ketik Y, setelah itu akan muncul konfirmasi lagi File Name to Write tekan Enter untuk menyimpannya.

c. Selanjutnya tinggal membuat berkas konfigurasi Openvpn, pastikan kamu sudah membuat akun OpenVPN dan mengunduh konfigurasinya, Untuk referensi daftar website yang menyediakan akun VPN secara gratis bisa baca artikel 5 Situs Penyedia Akun SSH, OpenVPN, Shadowsocks, WireGuard, dan V2Ray Secara Gratis, setelah itu unduh aplikasi QuickEdit di Play Store lalu buka berkas konfigurasi openvpnnya dengan aplikasi QuickEdit lalu salin semua isinya.

d. Sekarang masukan perintah berikut di Terminal (Aplikasi Termux)


nano crt/global.ovpn

Catatan: nama konfigurasi global.ovpn dapat diganti sesuai keinginan, contohnya indonesia.ovpn, singapore.ovpn atau nama lainnya.

Maka akan terbuka tampilan baru, setelah itu paste (Tempel) semua konfigurasi Openvpn yang tadi sudah di salin ke aplikasi Termux, sehingga hasilnya akan seperti gambar berikut

e. Geser ke atas dengan tombol arah (arrow) yang ada pada aplikasi Termux lalu Edit pada bagian auth-user-pass dengan menambahkan password.txt dan menambahkan route 0.0.0.0 0.0.0.0 vpn_gateway dibawah auth-user-pass, ketika diterapkan maka hasilnya akan menjadi


##### WELCOME TO GLOBALSSH #####
##### WWW.GLOBALSSH.NET #####
##### DONT FORGET TO SUPPORT US #####
client
proto tcp
remote 103.227.255.43 1194
dev tun
resolv-retry infinite
nobind
persist-key
persist-tun
remote-cert-tls server
verify-x509-name server_GLOBALSSH name
auth SHA256
auth-user-pass password.txt
route 0.0.0.0 0.0.0.0 vpn_gateway
auth-nocache
cipher AES-128-GCM
tls-client
tls-version-min 1.2
tls-cipher TLS-ECDHE-ECDSA-WITH-AES-128-GCM-SHA256
ignore-unknown-option block-outside-dns
setenv opt block-outside-dns # Prevent Windows 10 DNS leak
reneg-sec 0
verb 3

Agar konfigurasinya tersimpan, tekan tombol CTRL lalu ketik X, nanti akan muncul konfirmasi Save modified buffer ketik Y, setelah itu akan muncul konfirmasi lagi File Name to Write tekan Enter untuk menyimpannya.

f. Sebelum menjalankan Openvpnnya, jangan lupa untuk mengedit berkas config terlebih dahulu dengan cara memasukan perintah


nano config

Maka akan terbuka tampilan baru, untuk pengaturan defaultnya kira-kira seperti berikut


profile 'kuota'
file_config 'sgdo.ovpn'
use_config 'yes'

Sekarang, ubah pengaturan default "kuota" ke "vpnkuota" dan ubah "sgdo.ovpn" ke konfigurasi openvpn yang baru saja kamu buat. Ketika diterapkan maka hasilnya akan seperti berikut


profile 'vpnkuota'
file_config 'global.ovpn'
use_config 'yes'

Simpan konfigurasinya dengan cara tekan tombol CTRL lalu ketik X, nanti akan muncul konfirmasi Save modified buffer ketik Y, setelah itu akan muncul konfirmasi lagi File Name to Write tekan Enter untuk menyimpannya.

g. Buka web browser lalu masukan alamat http://192.168.1.1/pulpstone pada bagian username dan password masukan admin.
h. Langkah terakhir, ubah profilenya ke vpnkuota lalu klik Start Profile untuk menjalankan Openvpnnya.

Ketika Openvpnnya berhasil dijalankan maka tampilannya akan seperti gambar berikut

Untuk mengatasi DNS Leak (kebocoran DNS) yang sering terjadi pada OpenVPN, silakan baca artikel Cara Memasang DNSCrypt di Openwrt atau Cara Memasang DNS over HTTPS (DOH) di Openwrt.

Demikianlah artikel tentang Cara Memasang dan Menggunakan OpenVPN di Pulpstone Openwrt, apabila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan di kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar