Skip to main content

Cara Memasang dan Menggunakan Shadowsocks Simple Obfs di Openwrt

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana cara menggunakan Openvpn pada Openwrt. Nah pada artikel ini akan coba membahas bagaimana cara menggunakan Shadowsocks pada Openwrt.

Shadowsocks adalah sebuah protokol enkripsi sumber terbuka yang memanfaatkan proxy SOCKS5 untuk mengamankan traffic internet yang sedang digunakan. Dengan demikian, shadowsocks merupakan alternatif VPN lainnya yang bisa digunakan pada Openwrt.

Sebelum masuk ke tutorialnya pastikan kamu sudah mempunyai akun Shadowsocksnya, apabila belum punya silakan buat akunnya di 5 Situs Penyedia Akun SSH, OpenVPN, Shadowsocks, WireGuard, dan V2Ray Secara Gratis serta memahami bagaimana cara menggunakan Terminal, apabila belum tau caranya silakan baca artikel Cara Mengakses Router OpenWRT dari Aplikasi Termux Android, Cara Mengakses Router OpenWRT di Aplikasi JuiceSSH Android, atau Cara Mengakses Router Openwrt dengan Putty di PC / Komputer terlebih dahulu.

Contoh Akun Shadowsocks dari JagoanSSH

Karena Shadowsocks pada Openwrt tidak mendukung Server Address berbentuk Hostname maka yang harus dilakukan ialah mengubah Hostname tersebut ke bentuk IP, adapun caranya yaitu dengan memanfaatkan tools yang ada pada website tempat kamu membuat akun Shadowsocks-nya

Ketika Hostname-nya sudah dirubah ke IP maka akun Shadowsocks-nya akan terlihat seperti berikut


Host : 142.44.243.113
Pass : LzZe38ZqWN
SSR : 8383
OBFS TLS : 1443
Encrypt : AES-256-CFB
Reset Every : 7 days

Cara Memasang Shadowsocks Simple OBFS pada Openwrt

Karena paket Shadowsocks tidak tersedia di repo resmi Openwrt maka kamu perlu mengunduhnya dari sumber luar, namun sebelum itu kamu harus mengetahui arsitektur Openwrt yang digunakan terlebih dahulu, tujuannya agar paket Shadowsocks yang diunduh nanti sesuai dengan Openwrt yang kamu gunakan sehingga shadowsocks-nya dapat berjalan dengan baik.

Adapun cara mengecek arsitektur Openwrtnya yaitu dengan cara membuka terminal lalu masukan perintah berikut


opkg print-architecture | awk '{print $2}'

Ketika perintahnya diterapkan maka contoh hasilnya akan terlihat seperti berikut


all
noarch
aarch64_cortex-a53

Informasi jenis arsitektur Openwrt yang kamu gunakan ada pada baris ketiga, setelah itu unduh paket Shadowsocksnya sesuai dengan arsitektur Openwrt yang digunakan.

Luci Shadowsocks (Semua Arsitektur)

luci-app-shadowsocks-without-ipset_1.9.1-1_all.ipk

Shadowsocks Libev & Simple Obfs

aarch64_cortex-a53 (STB B860H/HG680-P)
shadowsocks-libev_3.3.5-1_aarch64_cortex-a53.ipk
simple-obfs_0.0.5-4_aarch64_cortex-a53.ipk

mipsel_24kc (GL.iNet MT-3000N-V2 Mango)
shadowsocks-libev_3.3.5-1_mipsel_24kc.ipk
simple-obfs_0.0.5-4_mipsel_24kc.ipk

mips_mips32 (Huawei HG553)
shadowsocks-libev_3.3.5-1_mips_mips32.ipk
simple-obfs_0.0.5-4_mips_mips32.ipk

mips_24kc (TP-Link TL-MR3220, TL-MR3020,TL-MR3420)
shadowsocks-libev_3.3.5-1_mips_24kc.ipk
simple-obfs_0.0.5-4_mips_24kc.ipk

Apabila arsitektur yang kamu gunakan tidak ada dalam daftar di atas, silakan request saja di kolom komentar nanti pasti akan ditambahkan, tinggal sebutkan merk, tipe, dan jenis arsitekturnya.

Sekarang unduh paket Shadowsocks-nya sesuai dengan arsitektur Openwrt yang kamu miliki dengan panduan berikut:

1. Salin semua link paket Shadowsocks yang sesuai dengan arsitektur Openwrt yang kamu miliki lalu tambahkan perintah berikut ke Terminal


wget link_luci_app_shadowsocks link_shadowsocks_libev link_simple_obfs

Karena disini admin memakai STB B860H yang berarsitektur aarch64_cortex-a53 maka ketika diterapkan hasilnya akan terlihat seperti berikut


wget https://archive.org/download/Openwrt/Shadowsocks/luci-app-shadowsocks-without-ipset_1.9.1-1_all.ipk https://archive.org/download/Openwrt/Shadowsocks/shadowsocks-libev_3.3.5-1_aarch64_cortex-a53.ipk https://archive.org/download/Openwrt/Shadowsocks/simple-obfs_0.0.5-4_aarch64_cortex-a53.ipk

2. Setelah itu, masukan perintah berikut untuk memasang semua paket Shadowsocks-nya


opkg install *.ipk && rm *.ipk

Catatan:
- opkg install *.ipk = perintah yang berfungsi untuk memasang semua paket shadowsocks yang berekstensi ipk yang tadi telah diunduh.
- rm *.ipk = perintah yang berfungsi untuk menghapus semua berkas unduhan paket shadowsocks, alasannya karena berkas tersebut sudah tidak diperlukan lagi.

3. Buka web browser lalu masukan alamat 192.168.1.1, pada bagian username dan password masukan kata root.
4. Buka menu Services -> ShadowSocks lalu pilih Servers Manage.

5. Klik EDIT pada pengaturan server yang ada lalu masukan isian yang dibutuhkan sesuai dengan akun Shadowsocks yang telah kamu buat sebelumnya. Apabila diterapkan maka hasilnya akan seperti berikut


Alias (Optional) : USA
Server Address : 142.44.243.113
Server Port : 1443
Connection Timeout : 60
Password : LzZe38ZqWN
Encrypt Method : AES-256-CFB
Plugin Name : obfs-local
Plugin Arguments : obfs=tls;obfs-host=google.com

Catatan:
- Alias (Optional) : Nama server Shadowsocks yang ingin di simpan, untuk alias admin lebih suka disesuaikan dengan server Shadowsocks yang telah dibuat, contohnya: singapore, usa, atau indonesia.
- Server Address : disesuaikan dengan akun shadowsocks yang kamu miliki.
- Server Port : disesuaikan dengan akun shadowsocks yang kamu miliki.
- Connection Timeout : 60 (default).
- Password : disesuaikan dengan akun shadowsocks yang kamu miliki.
- Encrypt Method : disesuaikan dengan akun shadowsocks yang kamu miliki.
- Plugin Name : obfs-local.
- Plugin Arguments : obfs=tls;obfs-host=google.com disesuaikan dengan akun shadowsocks yang kamu buat, apabila kamu menggunakan akun shadowsocks obfs http maka tinggal ubah tls menjadi http sehingga hasilnya akan seperti obfs=http;obfs-host=google.com dan untuk google.com dapat diganti dengan domain lain contohnya seperti yahoo.com, bing.com atau yandex.com.

Apabila sudah yakin pengaturannya sudah benar, silakan pilih SAVE & APPLY untuk menyimpan perubahannya.

6. Sekarang pindah ke tab General Settings, pada bagian Transparent Proxy -> Main Server diubah dengan konfigurasi Server Shadowsocks yang tadi telah dibuat dan pada bagian SOCKS5 Proxy -> Server juga sama diubah dengan konfigurasi Server Shadowsocks yang tadi telah dibuat.

Ketika diterapkan maka hasilnya akan seperti berikut


Transparent Proxy

Main Server   : USA
UDP-Relay Server : Unusable - Missing iptables-mod-tproxy or ip
Local Port     : 1234
Override MTU   : 1492

SOCKS5 Proxy

Server       : USA
Local Port   : 1080
Override MTU : 1492

Agar pengaturannya tersimpan, silakan pilih SAVE & APPLY.

Apabila kurang jelas, silakan lihat gambar berikut

Cara Menggunakan Shadowsocks Simple Obfs pada Openwrt

Setelah sebelumnya mempelajari bagaimana cara memasang Shadowsocks Simple Obfs pada Openwrt, sekarang waktunya untuk memahami bagaimana Cara Menggunakan Shadowsocks Simple Obfs-nya, untuk langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan tutorial sebelumnya yaitu masih menggunakan Terminal, oleh karena itu masukan perintah berikut pada Terminal untuk menjalankan Shadowsocks-nya


/etc/init.d/shadowsocks start

Untuk menghentikan layanannya, masukan kembali perintah berikut ini di Terminal


/etc/init.d/shadowsocks stop

Atau apabila kamu tidak ingin layanan shadowsocks-nya berjalan otomatis ketika Router Openwrtnya dihidupkan maka masukan perintah berikut


/etc/init.d/shadowsocks disable

Seperti halnya VPN lain, ketika menggunakan Shadowsocks pada Openwrt maka akan mengalami DNS Leak (Kebocoran DNS), untuk mengatasi masalah tersebut silakan baca artikel Cara Memasang DNS over HTTPS (DOH) di Openwrt atau Cara Memasang DNSCrypt di Openwrt.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar