Skip to main content

Cara Mengakses Router Openwrt dengan Putty di PC / Komputer

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana mengakses dan mengelola Router Openwrt pada Sistem Operasi Android, artikel tersebut diantaranya Cara Mengakses Router OpenWRT dari Aplikasi Termux Android, Cara Mengakses Router OpenWRT di Aplikasi JuiceSSH Android, 2 Aplikasi Alternatif Pengganti WinSCP Windows di Android, Cara Membuat, Mengedit, dan Menghapus Konfigurasi Openwrt dengan Aplikasi Termux Android, dan Cara Membuat, Mengedit, dan Menghapus Konfigurasi Openwrt di Aplikasi Total Commander Android.

Rasanya kurang lengkap apabila tidak membahas secara khusus alat-alat yang digunakan untuk mengakses dan mengelola Router Openwrt pada Komputer. Meskipun tutorialnya sudah banyak bertebaran di internet, admin rasa tidak ada salahnya juga untuk dibahas, tujuannya agar tutorial cara mengakses dan mengelola Router Openwrt pada blog ini tidak fokus pada perangkat smartphone Android saja.

Adapun sistem operasi yang digunakan ialah Sistem Operasi Windows, alasannya karena sistem operasi tersebut yang paling familiar sehingga tutorialnya dapat diterima oleh semua orang.

Cara Melihat / Mengetahui IP Router Openwrt

Sebelum mengunduh dan Memasang aplikasi Putty di Komputer, hal paling penting yang harus diketahui ialah mengetahui IP Routernya terlebih dahulu. Hal itu karena IP tersebut nantinya akan dibutuhkan ketika mengisi Host name pada aplikasi Putty.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:
1. Klik Start Menu lalu pilih Control Panel.

2. Pilih View network status and tasks -> Change adapter settings.

3. Klik kanan pada WIFI yang digunakan lalu pilih Status.

4. Setelah itu klik View lalu perhatikan pada bagian IPv4 Default Gateway.

Atau bisa juga dengan cara klik icon signal pada Taskbar Windows, setelah itu klik View Connection Settings, klik pada nama WIFI yang digunakan lalu geser ke bawah perhatikan pada bagian IPv4 DNS Servers.

Cara Memasang dan Menggunakan Putty pada PC / Komputer

Setelah IP Routernya diketahui, sekarang tinggal mempelajari bagaimana cara memasang dan menggunakannya. Ukuran aplikasinya cukup kecil hanya 3MB saja untuk versi installer-nya dan 1MB untuk versi Portable-nya, aplikasinya dapat diunduh di Putty Installer atau Putty Portable.

Silakan pilih versi Putty yang diinginkan, adapun perbedaan dari ke-2 versi diatas yaitu versi Putty Installer harus dipasang terlebih dahulu sebelum bisa digunakan sedangkan versi Putty Portable setelah berkasnya di ekstrak aplikasinya dapat langsung digunakan.

Selanjutnya silakan ikuti tutorial berikut untuk cara menggunakan aplikasi Putty-nya
1. Buka aplikasi Putty lalu masukan isian yang dibutuhkan


Host name: ip_router
Port: 22
Connection Type: SSH

Catatan: Apabila pengaturannya ingin disimpan, pada bagian Saved sessions masukan nama yang diinginkan lalu pilih Save.

2. Klik Open, apabila muncul popup pilih Yes, setelah itu pada bagian Login as dan Password isi dengan root.

Catatan: Username dan Password root hanya berlaku untuk Openwrt yang masih default, sedangkan bagi kamu yang pernah mengubah Username dan Password adminnya silakan sesuaikan dengan yang kamu gunakan.

3. Apabila sudah terhubung ke Router Openwrtnya maka tampilannya akan seperti gambar berikut.

Adapun daftar perintah-perintah yang bisa digunakan di aplikasi Putty masih sama sebagaimana halnya pada aplikasi Termux android contohnya seperti:

1. NANO
Perintah yang berfungsi untuk membuat atau mengedit konfigurasi Openwrt yang ada.

2. CD
Perintah yang berfungsi untuk berpindah antar direktori pada Openwrt.

3. CP
Perintah yang berfungsi untuk menyalin berkas yang ada pada Openwrt.

4. MV
Perintah yang berfungsi untuk memindahkan atau mengubah nama berkas / konfigurasi pada Openwrt.

5. LS
Perintah yang berfungsi untuk menampilkan daftar berkas atau folder pada Openwrt.

6. MKDIR
Perintah yang berfungsi untuk membuat folder baru pada Openwrt.

Untuk contoh penggunaannya, silahkan baca kembali artikel Cara Membuat, Mengedit, dan Menghapus Konfigurasi Openwrt dengan Aplikasi Termux Android.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar