Skip to main content

Cara Mengakses Router Openwrt dengan WinSCP di PC / Komputer

WinSCP adalah sebuat alat populer klien SFTP dan FTP sumber terbuka pada sistem Operasi Windows yang sering digunakan untuk menyalin berkas antara komputer lokal dengan remote server. Jalur yang digunakan seperti FTP, FTPS, SCP, SFTP, WebDAV or S3 file transfer protocols.

Adapun fitur-fitur yang dimiliki WinSCP diantaranya:
- Antarmuka pengguna grafis (GUI).
- Diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.
- Integrasi dengan Windows (drag & drop, URL, ikon pintasan (shorcut icons), daftar lompat (jump list).
- Semua operasi umum akan file / berkas (copy, rename, delete, etc).
- Dukungan untuk SFTP dan SCP protokol melalui jalur SSH, FTP, WebDAV dan S3 protokol.
- Pembuatan skrip file batch dan antarmuka baris perintah serta .NET assembly untuk tugas pemrograman tingkat lanjut.
- Sinkronisasi direktori.
- Teks editor terintegrasi.
- Berbagi pengaturan situs dengan Putty.
- Dukungan untuk sandi, keyboard interaktif, kunci publik, dan otentikasi Kerberos ( GSS ).
- Terintegrasi dengan Pageant (agen otentikasi PuTTY) untuk dukungan penuh otentikasi kunci publik dengan SSH.
- Antarmuka Explorer dan Commander.
- Secara opsional melindungi informasi situs yang disimpan dengan kata sandi master.
- Secara opsional mendukung operasi portabel menggunakan file konfigurasi sebagai pengganti entri registri , cocok untuk operasi dari media yang dapat dipindahkan (Flash Drive, Hardisk).

Dengan berbagai fitur diatas tentunya tidak heran apabila WinSCP sering digunakan juga untuk mengelola file di Openwrt. Alasannya karena terintegrasinya teks editor dan tersedianya kontrol dual panel yang memudahkan untuk menyalin, mengubah dan menghapus berkas antara file lokal dengan remote server.

Sebelum itu pastikan kamu sudah mengetahui IP Router Openwrt yang sedang digunakan, apabila belum mengetahui caranya, silakan ikuti panduan berikut:

1. Klik Start Menu lalu pilih Control Panel.

2. Pilih View network status and tasks -> Change adapter settings.

3. Klik kanan pada WIFI yang digunakan lalu pilih Status.

4. Setelah itu klik View lalu perhatikan pada bagian IPv4 Default Gateway.

Atau bisa juga dengan cara klik icon signal pada Taskbar Windows, setelah itu klik View Connection Settings, klik pada nama WIFI yang digunakan lalu geser ke bawah perhatikan pada bagian IPv4 DNS Servers.

Cara Memasang dan Menggunakan WinSCP di Komputer Windows

Hal yang harus dilakukan setelah mengetahui IPnya adalah mengunduh aplikasi WinSCPnya terlebih dahulu, silakan unduh aplikasinya di WinSCP 5.17.7 Installer (10.6 MB) atau WinSCP 5.17.7 Portable (8.7 MB).

Untuk pengaturannya tidak jauh berbeda dengan aplikasi Putty, seperti memasukan Hostname, Port number, User name dan Password. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti tutorial berikut:

1. Buka aplikasi WinSCP yang telah diunduh sebelumnya lalu masukan isian yang dibutuhkan, adapun pengisiannya kurang lebih seperti berikut


File Protocol: SCP
Host name: ip_router
Port number: 22
User name: root
Password: root

Contoh Setingan WinSCP pada Komputer

Catatan: apabila Openwrt yang digunakan mendukung protocol lain misalnya SFTP maka kamu dapat mengubahnya ke protocol tersebut jadi tidak mesti protocol SCP.

2. Apabila pengaturannya ingin di simpan klik Save lalu pada bagian Site name ubah dengan nama yang diinginkan dan jangan lupa juga Klik Save password jika tidak ingin memasukan password lagi pada login berikutnya, setelah itu klik OK untuk Menyimpannya.

3. Untuk terhubung ke Openwrtnya klik Login, apabila muncul popup pilih Yes.

4. Sekarang kamu akan melihat tampilan WinSCP beserta semua fiturnya.

Cara Mengedit Konfigurasi Openwrt

Untuk mengedit berkas konfigurasi Openwrt pada WinSCP cukuplah mudah, klik kanan pada berkas konfigurasinya lalu pilih Edit -> Internal editor.

Catatan: kamu juga dapat menggunakan aplikasi teks editor lain yang telah terpasang di komputermu contohnya seperti Notepad++ atau Notepad.

Cara Mengubah Permission (chmod) Konfigurasi Openwrt

Terkadang konfigurasi tertentu perlu diubah permission-nya terlebih dahulu agar dapat dijalankan, nah pada WinSCP juga sudah disediakan fitur tersebut tinggal klik kanan pada berkas konfigurasinya lalu pilih properties, setelah itu tinggal ubah permission-nya sesuai dengan yang dinginkan lalu klik OK untuk menyimpan perubahannya.

Untuk fitur-fitur lainnya silakan eksplorasi sendiri ketika kamu sudah mengunduh aplikasi WinSCPnya. Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan di kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar