Skip to main content

Cara Memasang dan Menggunakan OpenVPN di Android

OpenVPN adalah aplikasi sumber terbuka gratis yang sering digunakan untuk mengakes internet secara Virtual Private Network (VPN). Tujuannya tidak lain agar jaringan internet yang digunakan lebih secure (aman) lagi.

Cara kerjanya yaitu merubah IP dan DNS ISP (Internet Service Provider) yang digunakan menjadi IP dan DNS server OpenVPN. Sehingga dengan demikian, ketika terjadi kejahatan cyber perangkat yang pertama terlacak ialah server OpenVPN yang digunakan.

Untuk dapat menggunakan OpenVPN pada perangkat Android, pertama kali yang harus dilakukan ialah memasang aplikasinya terlebih dahulu serta kamu telah mempunyai akun OpenVPNnya juga, apabila belum punya akunnya silakan buat di 5 Situs Penyedia Akun SSH, OpenVPN, Shadowsocks, WireGuard, dan V2Ray Secara Gratis.

Contoh Akun OpenVPN dari SSHOcean

Cara Memasang dan Menggunakan Aplikasi OpenVPN Connect di Android

OpenVPN Connect adalah aplikasi OpenVPN yang bisa dibilang minim kostumisasi. Hal tersebut karena tidak tersedianya pilihan untuk mengedit konfigurasi OpenVPNnya secara langsung dari aplikasinya. Namun user interface (antarmuka pengguna) aplikasi tersebut sangat mudah untuk di pahami sehingga bagi orang yang baru menggunakan OpenVPN tidak begitu kesulitan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

1. Pertama-tama unduh aplikasi OpenVPN Connect di Play Store.
2. Selanjutnya buka aplikasi tersebut, disini kamu akan disuguhkan 2 pilihan import konfigurasi OpenVPN yaitu melalui url atau meng-importnya langsung dari penyimpanan ponsel, silakan pilih opsi yang kamu inginkan.
3. Setelah itu maka akan muncul pilihan untuk memasukan Username dan Passwordnya, silakan masukan Username dan Password yang sesuai dengan akun OpenVPN yang telah kamu buat sebelumnya terus pilih ADD.

4. Setelah konfigurasi OpenVPNnya berhasil di import, untuk mulai menggunakannya tinggal pilih konfigurasi tersebut lalu tunggu sampai terhubung ke server OpenVPNnya, hal tersebut di tandai dengan icon yang berubah menjadi warna hijau.

Cara Memasang dan Menggunakan Aplikasi OpenVPN for Android di Android

Aplikasi OpenVPN for Android adalah aplikasi alternatif yang bisa kamu gunakan juga untuk menjalankan OpenVPN pada perangkatnya. Diantaranya kelebihannya yaitu tersedianya banyak opsi untuk mengedit konfigurasi OpenVPN secara langsung dari aplikasinya. Dengan demikian, untuk mengedit hostname/ip remote server, menambahkan proxy, atau menambahkan header menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

1. Unduh aplikasi OpenVPN for Android di Play Store.
2. Buka aplikasinya lalu import konfigurasi OpenVPN yang akan digunakan. Adapun caranya yaitu tekan icon tambah (+) lalu pilih menu AMBIL atau bisa juga memilih icon panah ke bawah (upload/import), setelah itu pergi ke lokasi konfigurasi OpenVPNnya berada lalu pilih pada file konfigurasinya, untuk menyimpan perubahannya pilih tanda ceklis.

3. Jika ingin melakukan perubahan pada konfigurasi OpenVPNnya silakan pilih icon pensil, setelah itu tinggal pilih menu yang ada lalu lakukan perubahan yang diinginkan.
4. Untuk menjalankannya pilih konfigurasi OpenVPN yang baru saja di tambahkan, ketika berhasil terhubung maka akan tampil log Terhubung: SUCCESS atau Initialization Sequence Completed. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut

Cara Memasang dan Menggunakan Aplikasi VPN Client Pro di Android

Aplikasi VPN Client Pro adalah aplikasi terakhir yang admin rekomendasikan untuk menjalankan OpenVPN pada perangkat Android, sebenarnya masih banyak aplikasi dengan fungsi serupa yang ada di Play Store namun admin lebih menyukai ke 3 aplikasi tersebut. Fitur dari aplikasi VPN Client Pro hampir sama dengan aplikasi OpenVPN for Android, dimana penggunanya di beri keleluasaan untuk mengedit konfigurasi OpenVPN yang digunakan.

1. Silakan unduh aplikasi VPN Client Pronya terlebih dahulu di Play Store.
2. Setelah aplikasinya terunduh, buka aplikasi tersebut lalu pilih icon tambah (+) untuk meng-import konfigurasi OpenVPN yang akan digunakan. Karena disini akan menggunakan OpenVPN maka pilih OpenVPN profile lalu pilih NEXT -> Import from file.
3. Silakan pilih file konfigurasi OpenVPN yang telah di unduh sebelumnya lalu pilih EDIT apabila ingin melakukan perubahan pada konfigurasi OpenVPNnya atau apabila tidak ada yang ingin di rubah pilih SAVE.

4. Untuk terhubung ke server OpenVPNnya silakan pilih icon yang ada di sebelah kanan konfigurasinya, apabila muncul popup maka masukan Username dan Password akun OpenVPN yang telah di buat sebelumnya, setelah itu klik OK.

Untuk mengetahui apakah OpenVPNnya sudah berjalan dengan baik silakan cek ip dan dnsnya di https://dnsleak.com, jika ip dan dns yang ditampilkan sudah sesuai dengan server OpenVPN yang digunakan itu tandanya sudah berhasil.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar