Skip to main content

Cara Memasang dan Menggunakan WireGuard di Android

WireGuard adalah aplikasi VPN Tunnel yang menawarkan kinerja yang lebih baik dan hemat daya dibandingkan VPN pendahulunya seperti IPsec dan OpenVPN. Aplikasi tersebut sering digunakan untuk menyembunyikan IP dan DNS jaringan yang digunakan, tujuannya agar jaringan internet yang digunakan lebih secure (aman) dan dapat miminimalisir dari tidak kejahatan cyber.

Seperti VPN lainnya, untuk menjalankan WireGuard kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, untuk referensi aplikasi mana saja yang dapat menjalankan WireGuard pada Android silakan baca artikel 5 Aplikasi WireGuard yang Wajib Kamu Coba di Ponsel Android. Sedangkan untuk akunnya sendiri kamu bisa membuatnya di 5 Situs Penyedia Akun SSH, OpenVPN, Shadowsocks, WireGuard, dan V2Ray Secara Gratis.

Cara Membuat Akun WireGuard di Android

Sebelum bisa menjalankan aplikasi WireGuard, yang harus kamu persiapkan ialah akun WireGuard yang masih aktif. Sebagai contoh disini admin membuat akun WireGuard di FastSSH, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka website https://fastssh.com lalu pilih menu WIREGUARD. Setelah itu maka akan terbuka halaman baru yang menampilkan server-server WireGuard yang terdiri dari berbagai negara.
2. Silakan pilih salah satu server yang kamu inginkan, selanjutnya pilih menu Create Wireguard Account.

Catatan: Perhatikan pada bagian Acc Remaining, apabila masih berwarna hijau itu tandanya akunnya masih tersedia, jika berwarna merah itu berarti akun Wireguardnya kosong.

3. Pada bagian Server masukan Username dan Password yang di inginkan. Jangan lupa pilih pada bagian Saya bukan robot hingga muncul tanda ceklis. Setelah itu pilih Create Account.
4. Silakan tunggu proses pembuatan akun WireGuardnya sampai selesai, apabila telah berhasil tampilannya akan seperti berikut

Cara Menjalankan WireGuard di Android

Silakan unduh konfigurasi WireGuard yang berekstensi .conf pada website tempat kamu membuat akunnya lalu import konfigurasi tersebut dengan menggunakan menu IMPORT FROM FILE OR ARCHIVE pada aplikasi WireGuard.

Atau bisa juga memanfaatkan fitur SCAN FROM QR CODE tapi dengan catatan bahwa kamu membuat akun WireGuardnya di perangkat lain contohnya seperti komputer, untuk meng-import konfigurasinya pilih menu SCAN FROM QR CODE setelah itu arahkan kamera ponsel ke perangkat tersebut.
Selanjutnya apabila konfigurasi Wireguardnya telah berhasil di import maka tampilannya akan terlihat seperti berikut

Untuk menjalankan WireGuardnya klik icon yang ada pada sisi kanan konfigurasi WireGuard yang tadi sudah di import, apabila muncul popup Permintaan Sambungan klik Oke.

Ketika WireGuardnya telah berhasil dijalankan maka akan muncul trafiknya pada bagian rx dan tx serta ketika di cek pada website https://dnsleak.com maka IP dan DNSnya akan sesuai dengan server WireGuard yang digunakan.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar