Skip to main content

Cara Memasang dan Menggunakan WireGuard di Openwrt

WireGuard adalah aplikasi sumber terbuka yang menerapkan protokol komunikasi berbasis Virtual Private Network (VPN). Kelebihannya yaitu WireGuard memiliki kinerja yang lebih baik serta lebih hemat daya dibandingkan VPN pendahulunya seperti IPsec dan OpenVPN.

Pada Openwrt sendiri, paket WireGuard tidak terpasang otomatis kecuali pada Router keluaran GL.iNet yang perangkatnya telah included aplikasi VPN seperti OpenVPN dan WireGuard. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki Router Openwrt selain GL.iNet silakan lanjut untuk membaca artikelnya, tujuannya agar memahami bagaimana cara memasang dan menggunakan WireGuard pada Openwrtnya.

Sebelum itu pastikan kamu sudah membuat akun WireGuard-nya terlebih dahulu, apabila belum punya silakan buat akunnya di 5 Situs Penyedia Akun SSH, OpenVPN, Shadowsocks, WireGuard, dan V2Ray Secara Gratis serta telah memahami bagaimana cara login ke Openwrt melalui Terminal, jika belum paham silakan baca artikel Cara Mengakses Router OpenWRT dari Aplikasi Termux Android, atau Cara Mengakses Router Openwrt dengan Putty di PC / Komputer.

Contoh akun WireGuard dari SSHOcean

Buka konfigurasi WireGuardnya dengan aplikasi teks editor contohnya seperti aplikasi QuickEdit apabila menggunakan Android, sedangkan apabila menggunakan Komputer gunakan aplikasi Notepad bawaan Windows atau bisa juga menggunakan aplikasi Notepad++. Ketika konfigurasinya terbuka maka akan terlihat seperti berikut


[Interface]
PrivateKey = kBkRiij5tuC3Y1QfY6H56Sz6mqrnT03kvQ9cF3DZTWw=
Address = 10.9.1.145/24
DNS = 8.8.8.8
MTU = 1420
[Peer]
PublicKey = VkXD2cGxe72YyXWLgF9EstO2oeklICtptnAbsA5PdUw=
AllowedIPs = 0.0.0.0/0, ::/0 
Endpoint = wgid02.sshocean.net:2610
PersistentKeepalive = 25

Cara Memasang WireGuard pada Openwrt

Setelah membuat akunnya, sekarang waktunya untuk memasang paket WireGuardnya di Openwrt. Pertama-tama login ke Openwrt melalui Terminal lalu masukan perintah berikut


opkg update && opkg install luci-app-wireguard

Tunggu proses pemasangannya sampai selesai.

Langkah selanjutnya buka Browser lalu kunjungi alamat 192.168.1.1, pada bagian username dan password masukan kata root, setelah itu klik LOGIN.

Sebelum WireGuard-nya bisa digunakan, kamu wajib mengatur Interface-nya terlebih dahulu yaitu dengan cara memilih menu Network -> Interfaces, geser ke bawah lalu pilih ADD NEW INTERFACE.

Pada tahap ini kamu diharuskan untuk mengisi nama interface WireGuard yang diinginkan, sebagai contoh disini admin memasukan nama "WireGuard" dan pada bagian Protocol of the new interface pilih WireGuard VPN setelah itu klik SUBMIT.

Setelah itu maka akan terbuka halaman baru yang mengharuskan kamu untuk mengatur Interfaces - WIREGUARD-nya. Selanjutnya pada tab General Setup tinggal atur Interface-nya sesuai dengan akun WireGuard yang telah kamu buat sebelumnya, sehingga nanti tampilannya akan terlihat seperti berikut

Catatan:
- Listen Port dibiarkan kosong.
- Klik ADD pada bagian Peers agar bisa mengatur Public Key, Allowed IPs, Route Allowed IPs, Endpoint Host, Endpoint Port, dan Persistent Keep Alive.
- Untuk memunculkan kotak isian lainnya, klik tanda + pada bagian Allowed IPs.
- Klik pada bagian Route Allowed IPs hingga muncul tanda ceklis.

Langkah selanjutnya pindah ke tab Firewall Settings, pada bagian Create /Assign firewall-zone ubah unspecified ke interface internet yang sedang digunakan, karena disini admin menggunakan modem hilink maka yang di pilih ialah wan. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut

Untuk menyimpan semua perubahannya klik SAVE & APPLY.

Cara Menjalankan WireGuard di Openwrt

Agar WireGuard-nya berjalan silakan reboot terlebih dahulu router Openwrtnya, adapun caranya yaitu dengan memilih menu System -> Reboot lalu pilih PERFORM REBOOT atau bisa juga melalui Terminal dengan memasukan perintah berikut


/sbin/reboot

Apabila WireGuard-nya sudah berjalan maka akan terlihat seperti gambar berikut

Dari gambar tersebut dapat diketahui bahwa WireGuard-nya sudah berjalan dengan baik, hal tersebut dapat diketahui dari informasi IP yang menampilkan server WireGuard yang sedang digunakan. Untuk mengatasi DNS Leak (Kebocoran DNS) pada Openwrt silakan baca artikel Cara Memasang DNS over HTTPS (DOH) di Openwrt atau Cara Memasang DNSCrypt di Openwrt.

Oiya satu lagi, WireGuard pada Openwrt sangat sensitif terhadap tanggal, oleh karena itu pastikan bahwa tanggal yang ada pada Openwrt sudah benar, karena apabila tanggalnya salah maka WireGuard-nya tidak akan berjalan.

Adapun caranya yaitu dengan membuka Luci Web Interface di 192.168.1.1, pada bagian username dan password diisi dengan kata root. Setelah itu pilih menu System -> System lalu pada System Properties -> General Settings pilih SYNC WITH BROWSER.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar