Skip to main content

Cara Memasang dan Menggunakan Shadowsocks di Android

Shadowsocks adalah sebuah protocol sock5 yang sering digunakan untuk berselancar di internet secara private (pribadi) dan secure (aman). Fungsinya sendiri hampir mirip dengan VPN yaitu untuk menyembunyikan IP dan DNS ISP yang sedang digunakan.

Pada perangkat Android, sudah banyak aplikasi yang dapat menjalankan Shadowsocks diantaranya Shadowsocks dari developer Max Lv dan Shadowsocks Client dari developer TrueNight.

Cara Memasang Aplikasi Shadowsocks di Android

Untuk dapat menjalankan Shadowsocks pada perangkatnya, pertama-tama kamu harus membuat akun Shadowsocksnya terlebih dahulu di 5 Situs Penyedia Akun SSH, OpenVPN, Shadowsocks, WireGuard, dan V2Ray Secara Gratis serta untuk akun Shadowsocks Obfs atau Cloak kamu perlu mengunduh plugin tambahannya juga.

1. Aplikasi Shadowsocks atau Shadowsocks Client.
2. Plugin Simple Obfuscation (Obfs) atau ck-client (Cloak).

Cara Membuat Akun Shadowsocks di Android

Sebelum aplikasi Shadowsocksnya dapat berjalan, hal yang harus kamu lakukan ialah membuat akunnya terlebih dahulu. Silakan pilih salah satu dari ke 5 situs tersebut, sebagai contoh disini admin akan membuat akun Shadowsocks Obfs di JagoanSSH.

1. Buka website https://sshocean.com lalu pilih menu garis 3 yang ada di sebelah kanan.
2. Selanjutnya akan muncul menu baru lalu pilih Create Account -> Shadowsocks.
3. Maka akan muncul server shadowsocks mana saja yang tersedia, silakan pilih server yang kamu inginkan.

4. Pilih Next untuk membuat akun Shadowsocksnya, perhatikan pada bagian Remote Port, apabila tertulis STANDAR itu tandanya tidak perlu plugin tambahan, apabila tertulis OBFS HTTP atau OBFS TLS itu berarti membutuhkan plugin tambahan.

Setelah itu klik pada bagian Saya bukan robot hingga muncul tanda ceklis lalu pilih Generate Now.

Catatan: Perhatikan pada bagian status, apabila berwarna hijau itu tandanya akunnya masih tersedia sedangkan apabila berwarna merah itu berarti akunnya sudah full (penuh).

Cara Menggunakan Shadowsocks di Android

Setelah sebelumnya mengetahui langkah membuat akun Shadowsocks, pada tahap ini kamu akan mempelajari bagaimana cara menggunakannya. Pastikan bahwa aplikasi Shadowsocks beserta pluginnya sudah terpasang di perangkat androidmu.

Perhatikan gambar berikut, di bawah ini adalah contoh akun Shadowsocks Obfs, oleh karena itu sebelum bisa digunakan kamu wajib memasang plugin Simple Obfuscationnya terlebih dahulu, begitu pula ketika akan menggunakan akun Shadowsocks Cloak maka kamu perlu memasang plugin ck-client juga.

1. Buka aplikasi Shadowsocks lalu pilih icon + yang ada pada bagian atas, selanjutnya pilih Manual Settings, silakan masukan isiannya sesuai informasi server Shadowsocks yang telah kamu buat sebelumnya.

Ketika akun Shadowsocksnya diterapkan maka hasilnya akan terlihat seperti berikut


Profile Name : SG3 (Opsional)
Server : sg03-ss.sshocean.net
Remote Port : 1443
Password : EKY1C
Encypt Method : AES-256-CFB
Plugin : Simple Obfuscation / Cloak (disesuaikan dengan akun Shadowsocks).

Sedangkan pada bagian Configure...


Obfuscation wrapper : http / tls (disesuaikan dengan akun Shadowsocks).
Obfuscation hostname : store.line.me

Catatan: Obfuscation hostname : store.line.me dapat di ganti dengan domain lain misalnya seperti google.com, yahoo.com, atau yandex.com.

Setelah semuanya benar, pilih icon ceklis yang ada pada bagian atas untuk menyimpan semua perubahannya.

Selain cara diatas, kamu juga dapat memgimport akun Shadowsocks melalui menu Clipboard, tapi sebelum itu kamu harus meng-copy akun Shadowsocksnya terlebih dahulu ke Clipboard yaitu dengan cara menekan tombol "Copy ShadowSocks Clipboard", untuk gambaran silakan lihat gambar berikut.

Selanjutnya import akun tersebut dengan cara membuka aplikasi shadowsocks terus pilih icon + yang ada pada bagian atas, setelah itu pilih Import from Clipboard.

Untuk menjalankannya pilih icon Shadowsocks yang ada di bagian bawah. Ketika sudah terhubung maka akan terlihat trafik internet yang berjalan.

Dan ketika di cek di https://dnsleak.com maka IP dan DNS yang terbaca ialah IP dan DNS server akun Shadowsocks yang sedang digunakan.

Oke demikianlah tutorial bagaimana cara menjalankan Shadowsocks pada Android, apabila ada yang pertanyaan silakan tinggalkan di kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar