Skip to main content

Cara Menggabungkan Shadowsocks dengan OpenVPN di Android

Pada artikel ini admin akan membahas bagaimana cara menggabungkan Shadowsocks dengan OpenVPN. Sebenarnya hanya dengan menggunakan Shadowsocks atau OpenVPN saja kamu sudah dapat berselancar di internet secara aman sekaligus mengganti IP dan DNS ISP yang digunakan.

Pada VPN gabungan ini, Shadowsocks berperan sebagai proxy dan OpenVPN berperan sebagai VPNnya. Oleh karena itu, file konfigurasi OpenVPN yang telah di unduh sebelumnya perlu di edit sedikit agar Shadowsocks dan OpenVPNnya dapat berjalan secara bersamaan.

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, pastikan kamu sudah memiliki akun Shadowsocks dan OpenVPNnya terlebih dahulu. Untuk daftar situs yang menyediakan akun VPN tersebut silakan baca artikel 5 Situs Penyedia Akun SSH, OpenVPN, Shadowsocks, WireGuard, dan V2Ray Secara Gratis. Sedangkan untuk cara penggunaannya silakan baca artikel Cara Memasang dan Menggunakan Shadowsocks di Android dan Cara Memasang dan Menggunakan OpenVPN di Android.

Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya:
1. Aplikasi Shadowsocks Client
2. Aplikasi OpenVPN for Android atau VPN Client Pro
3. Aplikasi QuickEdit
4. Akun Shadowsocks dan OpenVPN yang masih aktif.

Cara Menggunakan Shadowsocks + OpenVPN di Android

Setelah memahami bagaimana cara penggunaan Shadowsocks dan OpenVPNnya, sekarang kamu perlu merubah sedikit pengaturannya, adapun langkah-langkahnya silakan ikuti tutorial berikut:

1. Buka aplikasi Shadowsocks lalu pilih menu icon garis 3 yang ada di sebelah kiri atas terus pilih Settings.
2. Pilih menu Advanced ubah Service mode dari "VPN" ke "Proxy only", selanjutnya pilih icon Shadowsocks untuk menjalankannya.

3. Sekarang edit file konfigurasi OpenVPN yang akan digunakan dengan aplikasi QuickEdit yaitu dengan menambahkan "socks-proxy 127.0.0.1 1080" di bawah remote ip/hostname OpenVPN sehingga konfigurasinya akan terlihat seperti berikut

client
proto tcp
remote 103.227.254.59 110
socks-proxy 127.0.0.1 1080
dev tun
resolv-retry infinite
nobind
persist-key
persist-tun
remote-cert-tls server
verify-x509-name server_GLOBALSSH name
auth SHA256
auth-user-pass
auth-nocache
cipher AES-128-GCM
tls-client
tls-version-min 1.2
tls-cipher TLS-ECDHE-ECDSA-WITH-AES-128-GCM-SHA256
ignore-unknown-option block-outside-dns
setenv opt block-outside-dns # Prevent Windows 10 DNS leak
reneg-sec 0
verb 3

Catatan: Pastikan bahwa file konfigurasi OpenVPN yang kamu edit ialah jenis TCP karena apabila menggunakan jenis lain misalnya UDP maka dipastikan VPNnya tidak akan berjalan.

Setelah itu tinggal simpan perubahan yang telah dilakukan dengan menekan icon Folder lalu pilih Simpan.

Selanjutnya, import konfigurasi OpenVPN yang telah diubah sebelumnya lalu tambahkan aplikasi Shadowsocks ke daftar pengecualian yaitu dengan cara pilih icon pensil (edit) terus geser tab yang ada pada aplikasi OpenVPN for Android ke kiri sampai muncul tab DIIZINKAN APPS. Pada tab tersebut tambahkan aplikasi Shadowsocks hingga muncul tanda ceklis, setelah itu jalankan OpenVPNnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut

Untuk menambahkan socks-proxy ke konfigurasi OpenVPN, kamu juga dapat merubahnya secara langsung dari aplikasi OpenVPNnya, yaitu dengan menggunakan aplikasi OpenVPN for Android atau aplikasi VPN Client Pro.

Cara Merubah konfigurasi OpenVPN di aplikasi OpenVPN for Android

a. Buka aplikasi OpenVPN for Android lalu import konfigurasi OpenVPNnya.
b. Klik icon pensil untuk merubah konfigurasinya, setelah itu pada tab DAFTAR SERVER ubah bagian Proxy dari "none" ke "Socksv5". Pada Alamat Server diisi dengan 127.0.0.1 sedangkan pada bagian Server Port diisi dengan 1080, selanjutnya tambahkan juga aplikasi Shadowsocks ke daftar aplikasi pengecualian dengan cara ke geser tab yang ada pada aplikasi OpenVPN for Android ke kiri sampai muncul tab DIIZINKAN APPS. Pada tab tersebut tambahkan aplikasi Shadowsocks hingga muncul tanda ceklis.

c. Untuk mengetahui pengaturannya sudah benar atau belum silakan jalankan OpenVPNnya, apabila berhasil akan terlihat seperti gambar berikut ini

Cara Merubah konfigurasi OpenVPN di aplikasi VPN Client Pro

a. Buka aplikasi VPN Client Pro lalu import konfigurasi OpenVPNnya.
b. Klik konfigurasi OpenVPN yang telah di import tersebut lalu pilih icon pensil.
c. Setelah itu pilih menu Remote servers lalu klik ip/hostnamenya maka akan terbuka popup baru, scroll (geser) ke bawah pada bagian Use proxy ubah dari None ke Socks lalu masukan 127.0.0.1 ke bagian Proxy address dan bagian Port diisi dengan 1080, selanjutnya pilih OK.

d. Kembali ke menu sebelumnya lalu pilih menu App filter, ubah bagian "[GLOBAL] Disabled" ke "The vpn can be used by any apps, except for the following apps". selanjutnya tambahkan aplikasi Shadowsocks ke daftar pengecualian dengan cara klik icon + (tambah) lalu pilih aplikasi Shadowsocks. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut

d. Langkah terakhir pilih icon SAVE yang ada di sebelah kanan atas lalu jalankan OpenVPNnya. Apabila pengaturannya benar maka tampilannya akan terlihat seperti berikut

Untuk memastikan Shadowsocks + OpenVPN sudah berjalan dengan benar, silakan cek IP dan DNS yang kamu miliki di https://dnsleak.com atau https://dnsleaktest.com, apabila IP dan DNS yang terbaca adalah IP dan DNS VPN yang digunakan itu artinya penggabungan VPN Shadowsocks + OpenVPNnya berhasil.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar